Sejarah Televisi

Tuesday 9 July 20130 komentar







Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”


PHILO T. FARNSWORTH TELEVISION - 1932

Bagaimana Geniusnya Pria Usia 21-Year-Old Menemukan Televisi-Dalam Shadow of Telegraph. Ini mungkin hanya sebuah buku uraian tetapi bagi kita yang hidup di Telegraph Hill memiliki alasan untuk memperhatikan. Di sampul belakang Bahkan Schwartz biografi terbaru dari Philo T. Farnsworth, Walter Issacson, ketua CNN, menyebut Farnsworth "mungkin orang tak dikenal yang paling berpengaruh di abad yang lalu."

Televisi adalah salah satu alat TIK yang dapat menyampaikan informasi kepada kita. Artikel TIK akan mebahas sejarah Televisi atau bisa disebut TV.
Penemuan televisi juga tidak terlepas dari kontrobusi sejumlah orang . Televisi elektronik pertama berhasil ditunjukkan kali pertama di San Fransisco pada tahun 1927. Sistem ini dirancang oleh seorang pemuda berusia 21 tahun bernama Philo Tylor Farnsworth, dengan memindai gambar menggunakan cahaya elektron.

Dasar dari klaim ini muncul dari pekerjaan yang Farnsworth lakukan di 202 Green Street, di sudut Sansome. Pada tanggal 7 September 1927, 75 tahun yang lalu bulan ini, Farnsworth menciptakan televisi. Ketika Farnsworth memulai karyanya tahun sebelumnya ia berusia 21 tahun, kira-kira usia banyak pemain skateboard seseorang melihat tampil di depan restoran Waterfront hari ini. Pada saat Farnsworth datang ke lingkungan, ia telah membawa ide televisinya sekitar selama tujuh tahun. Pada 14, membajak ladang kentang ayahnya di Idaho, ia melihat lubang galian berbaris dalam baris paralel rapi. Selama sisa kita alur adalah alur adalah alur, tapi Farnsworth muda melihat sesuatu yang lain. Dia melihat alur-alur sebagai garis dalam gambar yang bisa dipecah, ditransmisikan, kemudian dirakit ulang menjadi sebuah gambaran yang lengkap. Sama seperti televisi.

Enam belas tahun sebelum kesuksesan yang dialami oleh pemuda tersebut, Boris Rosing di Rusia telah mencoba melakukan percobaan untuk mengirimkan gambar. Pada tahun 1920-an sistem televisi mekanis telah dibuat oleh john Logie baird di Inggris dan Charles Francis Jenkins di Amerika Serikat. Mereka memindai gambar dengan menggunakan piringan berlubang yang berputar. John Loge Baird dikenal sebagai orang yang kali pertama bisa menstransmisikan warna.

Pesawat televisi yang bersifat komersial kali pertama dibuat oleh perusahaan Telefunken (jerman dengan menggunakan CRT atau Carthode Ray Tube pada tahun 1934. Teknologi CRT ini sampai sekarang masih digunakan. Namun, saat ini telah beredar pesawat televisi yang tidak lagi menggunakan CRT, melainkan memakai LCR atau Liquid Cyrstal Display sehingga televisi menjadi jauh lebihh ramping. Televisi yang menggunakan LCD dikenal sebagai televisi layar datar.


Philo Tylor Farnsworth
Pada tahun 1938 sebuah perusahaan siaran di AMerika bernama RCA menayangkan pembukaan New York Worlds’ Fai. Pada kesempatan itu Presiden Amerika Serikat, Franklin D Roosevelt, tampil kali pertama di televisi saat memberikan sambutan. RCA lah yang kemudian membayar lisensi untuk menggunakan paten dari farnsworth.

Gambar yang ditayangkan saat itu belum berwaran atau masih hitam putih dan sistemnya masih sederhana. Bahkan, pada penayangan pertandingan baseball, seluruh kegiatan hanya dipantau dengan menggunakan suatu kamera.




Pada tahun 1939 televisi berwarna mulai ditunjukkan dalam suatu pameran radio international di Berlin. Pada tahun 1944 john Logie Baird berhasil membuat penampil televisi elektronik yang berwarna. Sistemnya menggunakan 600 baris. Perlu diketahui, saat ini teknologi yang disebut HDTV atau high definition television menggunakan 720 atau 1080 baris sehingga menghasilkan tampilan gambar yang lebih halus.
Pada tahun 1050 TV kabel mulai diperkenalkan. Saat ini banyak kota besar di indonesia memiliki layanan seperti ini.




1922 Farnsworth High School Sketch of His TV Camera Tube and First Farnsworth TV Camera





Sumber : 
http://www.artikeltik.com
http://foundsf.org/index.php?title=Main_Page
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Share this article :

Post a Comment

Link Sahabat

Text Widget

Flag Counter

Science

Jadwal Solat Hari ini

 
Support : Creating Website | Anak Mudo | Barkah Tour pariwisata
Copyright © 2011. MTs Ahliyah 1 Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ahmad Tohir
Proudly powered by Design